Penyebab Kemacetan Jakarta (1)

Posted on Updated on

Ilustrasi Kemacetan

Macet lagi macet lagi gara-gara si komo lewat kendaraan makin banyak dan ga ada pelebaran jalan. Yah begitulah ibu kota kita teman, ibu kota yang semua orang dari berbagai suku di Indonesia berkumpul plek dadi siji! Cuma untuk bisa mencari uang demi sesuap nasi, gombalmu! Manganmu akeh ngono kok!, demi beberapa piring dah!

Profit! Itulah yang mereka cari termasuk saya, tapi profit bukan alasan untuk “cerai” wekekekekeke… (ra ngompor-ngompori kiy!)

Prasarana Jalan yang Tidak Memadai, Akibatnya U Turn menjadi Sempit

Prasarana jalan dalam hal ini lebar jalan yang sempit sementara kendaraan semakin banyak. Lebar jalan yang tidak bisa memuat berkembangnya kendaraan, akibatnya kemacetan akibat jalanan yang ada putar balik (U turn) untuk kendaraan banyak terjadi di Jakarta.

U-Turn

Mobil..ya dalam hal ini mobillah yang memiliki ukuran dimensi yang besar dan lebih besar dari motor, yang merupakan faktor terbesar penyebab kemacetan jalan raya (kalo mobil dimensinya yang besar, kalo motor jumlahnya yang banyak) dalam berbelok atau berbalik arah membutuhkan sudut lebih besar daripada motor, semakin panjang jarak as roda depan dengan as roda belakang mobil maka semakin besar pula sudut yang dibutuhkan untuk berbelok atau berbalik arah sehingga di jalanan Jakarta yang sempit dengan pembatas jalan yang hanya berukuran 60 cm hingga 1,5 meter (bervariasi, tidak lebih dari panjang mobil/kendaraan roda empat) bahkan kurang dari itu menjadikan sebagian jalan termakan oleh ukuran panjang mobil.

Ilustrasi U-Turn 1
Ilustrasi U-Turn 2

Beberapa titik yang sering gw perhatikan adalah di Jl. Jend Basuki Rachmat Cipinang Muara sepanjang BKT (Bekasi Kanal Timur), Pangkalan Jati kea rah Pondok Gede depan Perum Kodam, Sepanjang jalan Pasar Minggu Raya dan beberapa titik lainnya.

Lalu bagaimana mengatasi hal ini? Mengurangi jumlah mobilkah? Mengurangi jumlah motorkah? Apa harus beralih ke transportasi umum? Sudah layakkah sementara biaya yang dikeluarkan untuk naik motor lebih murah ketimbang naik angkutan umum?

3 thoughts on “Penyebab Kemacetan Jakarta (1)

    si oom as varioputiih said:
    Maret 8, 2011 pukul 8:09 am

    perbaiki dulu sarana-prasarana angkutan umum🙂

      abu tanisha responded:
      Maret 8, 2011 pukul 9:49 am

      pro dan kontra mana yang lebih dulu, andai bisa sejalan pasti lebih baik

    dany :) said:
    Maret 8, 2011 pukul 6:46 pm

    la pasti sulit mas bro…ingetkan…target penjualan motor di 2011 ini saja nggilani,blm pedagang kaki 1000 qqqq…😆 yg mulai merangsek trotoar jln dll dll nah lo…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s