Mereka ini adalah Penyebab Motor Menjadi Boros
Motor boros memang tergantung siapa yang menggunakan, bagaimana seseorang memperlakukan tunggangannya, jika membandingkan motor 2tak dengan motor 4tak ya jelas motor 2tak emang motor boros (:
Bicara boros atau tidak suatu kendaraan ternyata yang saya perhatikan adalah perilaku motor tersebut, coba saja tanyakan kepada mereka ini, dalam seminggu jika motor digunakan untuk rutinitasnya berapa mereka menghabiskan bahan bakar?
Siapakah mereka ini? Inilah dia…
- Para 4L@Y
- Para Wanita yang bukan Lady Bikers
- Para Lelaki dari berbagai usia yang bisanya cuma pakai motor, bukan bikers sejati
Loh?? Kenapa mereka? Apa alasannya? Yuk kita jabarkan…
- Para 4L@Y
- Para Wanita yang bukan Lady Bikers
- Para Lelaki dari berbagai usia yang bisanya cuma pakai motor, bukan bikers sejati
Mereka ini ga nanggung-nanggung suka tarik-tarik gas (bahasa jawanya bleyer-bleyer), bahkan di kemacetan lalu lintas aja masih sempatnya mainin gas, apa stationernya terlalu rendah ya? Sampai harus dipantengin dengan di mainin handle gasnya, solusi setel stationer!
Masih dalam gejala suka mainin handle gas, gaya ugal-ugalan cenderung dengan memindah gear secepat mungkin dalam jarak dekat dengan putaran gas secara penuh
Mereka bukan lady bikers karena mereka pengguna motor hanya sekedar untuk kegiatan rutinitas saja seperti halnya pergi ke kantor, pergi ke pasar, sementara lady bikers mereka paham akan motor mereka, menggunakan motor mereka sehati-hati mungkin, tidak asal-asalan.
Apa yang para wanita ini lakukan sehingga motor menjadi boros?
Mereka seringkali lupa untuk oper gigi yang lebih rendah saat berjalan pelan, bahkan sering saya jumpai di lampu merah atau traffic light posisi gigi pada angka 3, dan ketika lampu hijau menyala, ngenggg! Gas ditarik dalam-dalam agar motor bisa segera berjalan, sungguh ini menyiksa motor, berapa bensin yang digelontorkan???
Hampir sama seperti yang dilakukan oleh para wanita yang bukan dari kalangan lady bikers, mereka sering kali lupa menurunkan ke gear yg lebih rendah saat kecepatan rendah atau saat akan start setelah berhenti, ya walau mereka masih memposisikan gigi di angka 2.
Ada lagi yaitu mereka biasanya melakukan oper gear tanpa berirama terkesan terlalu cepat mengoper gigi, motor baru lari 10 s/d 20 km/jam udah ganti gigi 2, bahkan saat motor melintasi jalanan gang atau kampung posisi gigi pada angka 3 (hampir sama dengan para wanita)
Lalu apa solusi untuk mereka?
Gunakan Motor Matic
gas-gas deh sekalian hehehehe
monggo jika ada masukan saya terima, kalo timpukan saya yang sakit, sampeyan pasti tak bales xixixixi
April 14, 2011 pukul 1:22 pm
bener sekali
April 14, 2011 pukul 3:14 pm
Amannnnnn, gw pake matik…
April 14, 2011 pukul 4:49 pm
kenalkan, saya lelaki nomor 3 (baca: tiga)
April 14, 2011 pukul 8:16 pm
pdhl saya sering lupa oper gigi….kebiasaan naik metik, kebawa sampe sekarang
April 14, 2011 pukul 9:27 pm
hehehe…jd berat donk tarikannya….kasian atuh motorna…
April 15, 2011 pukul 10:05 am
hiduuuup metik 🙂
http://varioputiih.wordpress.com/2011/03/11/cewek-naik-metik-aja-lah/
April 15, 2011 pukul 10:45 am
IMHO, motor matic pilihan tepat untuk di jalanan yang padat, dari segi kenyamanan karena tidak perlu pindah2 gigi atau tekan kopling, dan juga walau sedikit sudah mendukung gerakan “tidak memboros-boroskan bahan bakar” hehehehe…
btw gw pake jupiter mx hand clutch, asik enak buat tarikan dan rebahan juga enak, cuma sayang masih motor bebek jadi ga ada tangki yang bisa dijepit paha.
April 15, 2011 pukul 4:11 pm
motor ane nggak enak klo jalan pelan di gear 2, enakan gear 3 atau 4..
klo gear 2 nyundul2..kenapa tuch
April 17, 2011 pukul 12:41 pm
sistem pasokan bahan bakar dan pengapian kurang baik, setting karbu atau bersihin, CMIIW
April 24, 2011 pukul 6:41 pm
hahahaa bener banget tuh sob..
wah motor saya semenjak dipakai sodara, malah jadi boros.. ckckck..
cara makenya gak bener.. hadoh2.. 😦
Agustus 25, 2011 pukul 7:02 pm
kalau gigi 1 nafasnya cuma ampe 25kph gimana y brow,, bisa d gebukin di gang kalau mesin teriak..
November 11, 2011 pukul 4:02 pm
solusi yang tepat..
Juni 23, 2013 pukul 6:00 pm
Mesin standart pake karbulator pe kale