Tarif Bengkel Resmi Lebih Mahal?

Waktu itu tanggal 27 Juni 2011, tepat pada tanggal merah Isra’ Mi’raj, aku berancana pergi ke Bekasi untuk ambil pesanan herbal teman.

Berangkat dari Jatiwaringin, lewat Sumber Artha Bekasi, lihat bengkel Dunia Sepeda Motor, bengkel tempat aku ganti ban motor beberapa bulan yang lalu, ini bengkel emang murah, padahal sebelahnya ada bengkel resmi Yamaha Sumber Artha, ya udah aku masuk, sekalian tanya harga gear plus rantai Jupiter MX, maklumlah udah 2 tahun gear udah mulai tajam, dan juga waktunya ganti oli.

Selebihnya lihat gambar di bawah aja yak!

Gear set, Rp. 170.000 plus ongkos pasang
orisinil, sama seperti yang dijual di BeRes

Lihat nota pembelian dan ongkos pengerjaan di bawah

Gimana? Rp. 201.000 udah dengan ganti oli 1lt

Wow! Dengan Rp. 201.000 aku bisa ganti gear set, ganti oli dan bayar ongkos pengerjaan! Memang sih harga tersebut masih mahal, karena di bekasi, tepatnya di bengkel daerah Jatimulya Bekasi Timur, harga gear set Jupiter MX dibandrol Rp. 150.000, cukup murahkan? Namun sayang stok kosong : (.

Sementara kalo di bengkel resmi, yang sempat saya tanyakan di dekat kampus Bani Shaleh Bekasi, gear set serta ongkos pemasangan yaitu Rp. 165.000 + Rp 36.000 = Rp 201.000, Glek! Itu belum ganti oli cuy!

Nah dari perbedaan harga tersebut di atas, kira-kira kenapa tarif di bengkel resmi lebih mahal? Apa karena kualitas montir lebih baik dari bengkel non resmi?  ada juga yang menyatakan bahwasanya “kalo tidak servise di bengkel resmi, garansi hilang!” nah kalo cuma ganti rantai masa harus merelakan duit Rp. 36.000? sementara yang murah ada kok! Harga oli saja Rp. 31.000, di bengkel resmi Rp 33.000 lebih, bahkan di bekasi ada yang jual Rp. 40.000.

Monggo, di share saja, jangan jatuhkan pihak lain, toh penulis cuma menulis apa adanya, dan membandingkan sesuatu yang jelas di depan mata.

23 Comments Add yours

  1. rafaqo mengatakan:

    memang demikian adanya…

  2. ipanase mengatakan:

    kalo honda kagak deh, lebih murah di ahaas, tapi kalo ahassnya yang gitu deh,,beda cerita

    1. rafaqo mengatakan:

      sama aj…d ahass jg begitu…
      saya lebih suka bengkel kampung…kwalitasnye g beda

  3. warung DOHC mengatakan:

    bengkel resmi selain harus bayarin karyawan nya sesuai standart, juga ada royalty ke pusat nya mas bro…….

    coba katakanlah si A buka beres “B” dengan kualitas peralatan good, dibanding dengan si A buka bengkel umum dengan kualitas yang good juga peralatan serta modal bangunan sama seperti beres.. pasti jauh lebih mahal bikin beres….karena untuk membawa brand “A” harus bayar royalty ke pusat perkara pelayanan service itu tergantung SDM nya

  4. propus mengatakan:

    saya mah tetep prefer bengkel resmi biar kata seberapa mahalnya. kepepetnya, servis diluaran tapi tetep dilakukan mekanik bengkel resmi. sepengalaman di bengkel resmi minta ini itu gak pernah disuruh nambah apa-apa

  5. Basho mengatakan:

    Ane udah ngga pernah ke bengkel resmi. Dengan tarif servis sama2 25ribu, perbedaan bengkel resmi sama bengkel umum :
    Bengkel resmi :
    1. Antri 4 jam, diservis cuma 30 menit bahkan kurang, kesannya mekanik kejar setoran
    2. Kudu dateng pagi2 buat ngambil nomor antrian
    3. Selama ini hasilnya ngga pernah beres
    4. Kadang ada aturan ngga bisa ngeliat dari deket kerja si mekanik. Ada jurang pemisah diantara kita (lebay)
    5. Part terbatas cuma yg rekomendasi pabrik, begitu juga olinya

    Bengkel umum :
    1. Antri hampir ngga pernah, servis bisa sampe sejam, mekaniknya telaten banget
    2. Bisa dateng kapan aja selama bengkel buka
    3. Selama ini hasilnya selalu memuaskan
    4. Sambil kerja, mekanik bisa diajak ngobrol, sekalian nimba ilmu
    5. Pilihan sparepart lebih banyak, dari yg ori sampe kw, oli juga banyak pilihan

    Kekurangan bengkel umum :
    Kadang2 mekaniknya suka rewel minta ganti part ini itu. Kalo emang ngga ada kerusakan/gangguan/keluhan, mending cuekin aja

    Sekian.

    1. warung DOHC mengatakan:

      yups realita nya begitu mas bro 😀

      yang penting mana yang sreg aja, setuju ❓

  6. nangke mengatakan:

    ane rekomendit “Dunia Sepeda Motor” kalo agan-agan semua nyari bengkel di luar resmi. Selama ini ane beli part ori di DSM, alhamdulilah terjamin. Kebetulan DSM di Jakarta baru ada 3, Di kalimalang, Pasar Minggu, ama Tanjung Barat.

    1. Abu Tanisha mengatakan:

      setuju mas bro…harganya murah, pelayanan sejauh ini baik

  7. bobby_kelanarimba mengatakan:

    wajar seh bengkel resmi pada lebih mahal dikit seh
    lebih lengkap toh peralatannya……
    apalagi kalo Bengkel Resmi Honda……
    so pasti tohhhhhhh……
    Honda punya gitu lho….

  8. bobby_kelanarimba mengatakan:

    Dimana-mana toh yang REsmi selalu mahal dikit……
    karena bawa nama RESMI-nya…..
    Apalagi dengan prasarana dan sarana
    yang lebih dari yang non-RESMI toh….
    Liat aza yang di BEngkel REsmi-nya Honda……

  9. van der syur mengatakan:

    ah…enggak juga. di bengkel resmi gua malah bisa lihat langsung, gak antri lama, oli murah (Yamalube cuman 28 rb- di surabaya), pokoknya puas pake matic viar di beresnya viar donk…hehehehe….:D

  10. saiful mengatakan:

    Bengkel resmi montir nya msh muda2 (training) kalo dah pinter bikin bengkel sendiri d rmh haha

  11. Tanpa nama mengatakan:

    Bagusnya servis d bengkel biasa aja gan,hasilnya memuaskan…kalau dbengkel resmi orang2 tu cuma bisa ganti tp ga bisa ngakalin…..Anak TK aja bisa kalau cuma ganti doang..Y ga?Kalau orang tu jago bengkel mana mau dia kerja ama prusahaan,bagusny bikin usaha sendiri,y ga gan..!Lagian kalau dbengkel resmi biayanya mahal…

  12. Basri Bintang mengatakan:

    moga aja mobil saya sehat

  13. igor mengatakan:

    betul bro,bengkel umum lebih jeli kerjaanya karna g kejar setoran,palagi kalo udah kenal n langganan pasti diservice abis! bisa ngutang lg kalo lg bokek n kpepet motor rusak.dibengkel resmi mana bisa bgitu? palagi bari ngobrol ngopi ngeroko bareng montirna

    1. Adhitya Ramadian mengatakan:

      nah

    2. yudi mengatakan:

      jangan ngerokok…ada bensin tuh…salah2 bengkel orang kebakaran…

  14. dera mengatakan:

    heeehehehehehhehe

  15. dera mengatakan:

    motor yg di kerja pake tools berkwalitas mang mahal bro

  16. petruk klenger mengatakan:

    saya setuju di bngkel umum. palagi mkaniknya enak diajak sharing. mereka tau kesulitan kaum kurang mampu, jd mau nawarin part non ori dgn mnjlaskan umur pakai dan kwlitasnya. bngkel resmi gak mau tau urusan orang gak mampu. ongkos gak bkalan kasih korting ato bisa kurang utk di byar espk harinya

  17. egi saputra mengatakan:

    bener tuh bagusan di bengkel non resmi karena mekaniknya bisa ngebagi ilmu yang kta ga tau .

  18. dhanoy mengatakan:

    Saya mau ganti sill master rem jupiter mx ke bengkel resmi yamaha , trus si operatornya bilang barangnya kebetulan lagi ada , gk pake pikir panjang lagi langsung saya minta ganti berhubung motor saya gk bisa jalan di karenakan macet pada ban blakangnya , nah udah gtu saya tinggal kan mtr saya , bebrapa ke mudian operator dari bengkel resmi yamaha tlp saya , ternyata ssil master nyaa lagi abiss .. yg jdi pertanyaan knpa pas awalnya si operatornya bilang ada , apa karna pengerjaan nyaa yg cukup lama untuk mengganti sil master jupitet mx , apa memang karna malasssss .. seakan akan alasannyaa seperti itu , padahal darurat bgt ituu .. parahhhhhhhh …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s