[Repost] GM Kembangkan Rem Anti Berdecit

Posted on Updated on

Cari di om google mengenai masalah kenapa rem cakram berdecit, apalagi sekarang lagi musim hujan, tanah di Jabodetabek yang cenderung merah cepat sekali mengotori motor, belum lagi yang terciprat ke piringan cakram motor kita, eh dapat informasi mengenai hal ini:

Direncanakan rem ini sudah bisa diproduksi massal disemua produk GM pada 2016.

Suara rem berdecit memang tidak enak didengar. Para mekanik General Motors (GM) mencoba ciptakan rem terbaru yang menghilangkan suara decitan layaknya suara lengkingan. Teknologi terbaru ini akan menjadi solusi untuk kebanyakan montir bengkel yang terkadang sulit mencari penyebab suara berdecit pada rem.

GM membuat sebuah rem yang nantinya bisa menyerap getaran dan tetap tenang saat sistem rem bekerja. Agar tidak ditiru oleh produsen lain, GM langsung mematenkan produknya dengan label Coulomb. Nama tersebut diambil dari seorang fisikawan abad ke-18 yang bernama Charles Augustin de Coulomb. Ia adalah penemu mekanisme gesekan berbasis redaman yang kemudian diterapkan pada teknologi rem terbaru GM ini.

Selain lebih tenang, rem terbaru GM ini juga diklaim tahan oleh korosi hingga menghemat 400 USD atau setara Rp 3,6 juta untuk konsumen mereka. Direncanakan teknologi ini sudah bisa diaplikasikan pada 2016 diseluruh produk GM. Sebelum memproduksi massal, dalam dua – tiga tahun kedepan GM akan mencoba memasangkannya di beberapa mobil dan truk mereka.

Jim Webster, Teknisi Mesin GM mengatakan gesekan pada rem yang terjadi selama ini menyebabkan kebisingan yang menganggu orang sekitar. Dengan rem Coulomb ini, GM mengklaim ketika pengemudi menginjak pedal rem secara mendadak maka suara bising tersebut tidak terdengar karena ada redaman.

Emang ga enak di denger jika rem berdecit, boro-boro suara berdecit ada di motor kita, lah motor orang lain yang lewat disebelah kita yang remnya berdecit aja bikin panas telinga, pengennya disalip aja, eh sudah disalip suaranya masih aja kedengeran, hufh!

sumber: http://id.carmall.com/id/articles/articleinfo.php?AID=1146

2 thoughts on “[Repost] GM Kembangkan Rem Anti Berdecit

    extraordinaryperson said:
    Januari 19, 2012 pukul 6:25 am
      Adhitya Ramadian responded:
      Januari 19, 2012 pukul 4:47 pm

      hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s