Melibas Jakarta Hingga Gigi 3 Saja!
Mulai pertama beli motor, saat itu ukuran ban masih standar bawaan pabrik (depan: 70/80 17″, belakang: 80/90 17″), kemudian ganti ban karena sudah gundul jadi (depan: 80/90 17″, belakang: 100/70 17″), dan setelah hari raya Idul Fitr 1433H kemaren gw upgrade velg untuk ukurang lebih besar (depan: 1.85″, belakang: 2.50″) warna putih merk chemco, ternyata tidak ada perubahan signifikan dari torsi dan power motor, yah….belum lagi di Jakarta, udah macet, sekalinya jalanan lancar musti hati-hati juga, jalanan yang berlobang, cabang jalanan yang memungkinkan kendaraan masuk ke jalur utama juga sangat banyak, apalagi tingkat disiplin pengguna jalan di Jakarta dan sekitarnya sangat buruk, masuk jalur cepat tanpa lihat-lihat kendaraan yang berlalu, langsung masuk aja!, persimpangan jalan, perempatan jalan, dan karena itulah motor gw jarang bermain di gigi 4.
Bukan karena ga bisa ngebut, tapi dengan gigi 3 aja maksimal 80-90km/jam bisa dijabanin, kenapa harus pindah ke gigi 4? jarang-jarang juga jarum speedo colek di angka 100km/jam, kecuali waktu ritual Italian Tune Up aja, masukkan gigi 4 di 75 atau 80km/jam.
Dan juga, gw termasuk rider penikmat jalanan -> males kenceng2 bawa motornya..
Februari 10, 2012 pukul 12:47 pm
kalo saya malah jarang pake gigi… ( pake matic og…. ) xixixixixixix
Februari 10, 2012 pukul 2:26 pm
Bukannya justru italian tune up tuh rpm motor harus tinggi? 90kpj di gigi 3, itu sudah bisa disebut italian tune up.
“dengan gigi 3 aja maksimal 80-90km/jam bisa dijabanin, kenapa harus pindah ke gigi 4?”
dengan gigi 4, rpm lebih rendah = bensin lebih irit, keausan komponen mesin berkurang.
Februari 10, 2012 pukul 3:10 pm
nah itu die, kalo ga lagi ritual italian tune up spt itu, kalo pas italian tune up sih ga segitu kaleee pas gigi 3-nya, lagian italian tune up ga harus tiap hari (IMHO)
Februari 14, 2012 pukul 5:24 pm
yup. bener banget bro. klo gigi 4 di 75 mah bukan italian tuneup namanya. italian tuneup kan menjalankan RPM di zona redline selama beberapa saat untuk merontokkan dan mencegah kerak mesin.
klo mau italian tuneup cobain deh 80 kmh di gigi 2. itu baru namanya italian tuneup.
lagipun klo yang punya blog sukanya santai2, 80-90 kmh di gigi 3 secara terus menerus itu udah termasuk engine abuse. ga kasian apa denger mesinnya jerit terus menerus? klo bisa pindah gear ke yang lebih rendah kan lebih enak. suara lebih adem, bensin lebih irit, komponen mesin lebih awet.
maaf ya bro, ane keceplosan. sok2an ngajarin. 😀
Februari 10, 2012 pukul 3:54 pm
motornya sama
aku juga paling pol gigi 3 di dalam kota
gigi 4 itu kalo di luar kota jalan 90 ke atas
atau
kalo deket-dekat ganti oli, mesin udah kasar…keceptan 70 udah gigi 4
Februari 10, 2012 pukul 5:06 pm
aku keluar kota dari jakarta ke bekasi aja hehehe, btw pernah sekalinya dari depok ke jakarta enak jalanan lebih lenggang ketimbang dari bekasi ke jakarta, eh ambil jalur kanan malah masuk ke UI
Februari 10, 2012 pukul 5:56 pm
pakai juga gigi empatnya biar keausan kampas kopling merata *sotoy
http://extraordinaryperson.wordpress.com
Februari 12, 2012 pukul 1:47 am
Betul, setuju dg bro diatas 😉
http://javabiker.wordpress.com/2012/02/11/isu-instruksi-polri-tentang-sogok-menyogok-saat-razia/