Blak-blakan, Kenapa Tidak?

Posted on Updated on

sungkan-sungkanan wes ra usum

Namanya orang Indonesia, apalagi orang Jawa, pasti ada rasa sungkan, ga enakan, namun saat di belakang mereka berkata lain, jadi kita budayakan blak-blakan yuk! Asal tetap santun.

Boleh memberikan kritik namun yang membangun, bukan abis dikritik langsung tinggakan begitu saja.

Mau misuh-misuh yo sak karepmu, namun ingat beda daerah beda juga persepsinya.

Di Jakarta jika ada orang berkata “kampret!” (bukan dalam hal menghina seseorang, namun kesal dengan kerjaannya atau lainnya) mungkin itu hal yang kasar, tapi beda di Surabaya atau Malang, hal itu biasa saja, bahkan mereka dalam pergaulannya lebih kasar dari itu, coba tonton video di artikelku yang ini, “woi cuk nang endi ae awakmu?”, “tilis koen!”, “matamu cuk!”, “guaple’i!”, “guateli!”

Jadi ingat tahun 2005 akhir aku sudah mulai menginjakkan diri di Jakarta, dan waktu itu tahun 2007 temanku sempat main ke Jakarta, dia merasa heran dengan misuhnya orang Jakarta “mas Adhit, nang kene misuhe lucu yo, anjing lu! Gak mbois! Lek nang malang luweh kasar, ono jancok, asu, hahahaha”.

Seperti halnya orang negro, setiap perkataannya mengandung perkataan kasar misal “What the hell are you doing?!”, “Read the fucking manual!”, “What the fuck men?”

TAPI APAKAH KITA BANGGA SAAT MULUT KITA MENGELUARKAN KATA-KATA KOTOR???

Benny, banyak hal secara sengaja atau tidak, ada orang-orang yang merasa tersakiti, buktinya tulisan dia mengenai Justin Bieber akhirnya dihapus, karena dia sebenarnya sadar apa yang dia lakukan itu salah, jika dia tidak suka Justin Bieber ya sudah simpan aja sendiri. So semoga tulisan lu tetep begitu adanya ya Ben, gw suka gaya lu, karena ada beberapa sifat gw yg seperti itu, tapi lebih baik tabbayun (kroscek) terhadap apa yang lu rasa salah, dan jangan asal tuduh.

GW JUGA BLAK-BLAKAN

Bro amama ali (roda2blog.wordpress.com) yang pernah juga gw sindir di tulisan mengenai rangka yang tercoak, namun tidak ada dendam, toh ketemu saja tidak pernah, toh apa yang aku tulis sekedar membentuk kerangka berfikir agar kita lebih cerdas dalam memahami masalah.

Mas Rifky otomercon, dia yang masukkan aku ke dalam aggregator koboys.wordpress.com, motorpit.wordpress.com, namun saat dia salah memahami mengenai tulisan alay, ya aku tetap blak-blakan untuk jelaskan bahwa yang aku tulis itu tidak seperti yang dia pahami.

Mbah dukun Sattar beberapa tulisannya pernah aku kritisi, dan itu ga pake sindir-sindiran, blak-blakan juga.

Baru merencanakan memposting tulisan ini eladalah ternyata ada tulisan yang mendukung tulisan ini, yaitu tulisan mengenai Budaya Ragu, Malu, dan Pekewuh dalam Tradisi Jawa.

Thanks All, kita semua teman, ga perlulah sampai bermusuhan, apalagi saya belum pernah bertemu dengan kalian, perjumpaan kita masih di dunia maya, semoga nantinya kita bisa bertemu

29 thoughts on “Blak-blakan, Kenapa Tidak?

    bennythegreat said:
    Maret 13, 2012 pukul 1:30 pm

    FUCK JUSTIN BIEBER…!!

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 1:32 pm

      hahahaha…
      joshua ga punya penggemar nih…

    Maskur said:
    Maret 13, 2012 pukul 1:32 pm

    aku juga blak blakan

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 1:34 pm

      sip!

    eyang revonya item said:
    Maret 13, 2012 pukul 1:35 pm

    lihat SiKonTolPanJang dulu deh… baru komen… ( Situasi, Kondisi, Toleransi, Pantauan dan Jangkauan😀 )

    HRM® Corp said:
    Maret 13, 2012 pukul 1:56 pm

    masalahnya gak semua orang mau di ajak blak-blakan😆

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 2:07 pm

      kalo plak-plakan gimana? xixixixi

        HRM® Corp said:
        Maret 13, 2012 pukul 2:10 pm

        dari blak-blakan jadi plak-plakan deh….😆

          Adhitya Ramadian responded:
          Maret 13, 2012 pukul 2:13 pm

          ojo, pipiku mulus

    cak poer said:
    Maret 13, 2012 pukul 2:32 pm

    mending bal-balan ae:mrgreen:

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 2:33 pm

      ojo bal-balan iku ora serius
      bal tenanan ae

    Triyanto Banyumasan said:
    Maret 13, 2012 pukul 2:43 pm

    nek aku blak-blakan lansung wonge, nek ditulis lha sing moco mbuh sopo ae je… malah nggaraih mumet wong sing ga ruh awalane… D

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 2:46 pm

      sip bro…
      lek sempat kopdar yo iso langsung nang wonge, lah aku jarang kopdare hehehe

        Triyanto Banyumasan said:
        Maret 13, 2012 pukul 4:39 pm

        kan iso japri MasGan

          Adhitya Ramadian responded:
          Maret 13, 2012 pukul 5:02 pm

          oh iyo hehe

    Reyhan|Firdaus said:
    Maret 13, 2012 pukul 3:00 pm

    Paling senang sama blog yang blak-blakan, apalagi kalau pakai kata kasar.

    Asal jujur & argumennya kuat. Jangan bicara kasar & blak-blakan tapi gak bisa mempertanggung-jawabkan omongannya…

    warung DOHC said:
    Maret 13, 2012 pukul 3:22 pm

    aku ga punya pulsaaaaa!

    #pokok ojok jotos2 an yo sam:mrgreen:

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 3:44 pm

      oyi

    bledug balap said:
    Maret 13, 2012 pukul 4:01 pm

    KALO ADA KATA YANG SOPAN….KENAPA MESTI PAKAI KATA YANG LAIN…..???

    YANG DAPAT MENYAKITI ORANG LAIN….BAIK SECARA LANGSUNG…ATO TANPA KITA KETAHUI….

    bjl said:
    Maret 13, 2012 pukul 4:19 pm

    lekdis cuk
    xixixi…

    Amama ali said:
    Maret 13, 2012 pukul 4:25 pm

    sing penting nggak buka-bukaan…baju:mrgreen:

    elsabarto said:
    Maret 13, 2012 pukul 4:45 pm

    tiap orang memang beda kali ya..
    klo aku sih gak mau ikutan trend, sudah ada suri tauladan yg jauh lebih baik🙂
    http://remajaislam.com/islam-dasar/akhlaq-mulia/65-lemah-lembutlah-dalam-bertutur-kata.html

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 13, 2012 pukul 5:06 pm

      i like this

    Pak Bambang Nunggang Jaran said:
    Maret 13, 2012 pukul 5:14 pm

    apalagi bahasa tulisan sama bahasa lisan beda, atau teman dekat / yang sudah biasa
    su arep ningdi su? bukan dari asu tapi dari su-harto misalnya wong sing dipanggil jenenge suharto atau su yang lain

    anharvictor said:
    Maret 14, 2012 pukul 1:17 pm

    apa adanya dan terbuka… Itu lah yg indah…
    Dari pada nanggepin omongan kasal di bales kasar… Toh sama dengan sama kan…

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 16, 2012 pukul 8:38 am

      salam kenal juga bro

    joetrizilo said:
    Maret 16, 2012 pukul 12:58 pm

    Blak-blakan masalah apa dulu?? kalo itu tidak aib, blak-blakan lebih enak…. tifak ada beban…

      Adhitya Ramadian responded:
      Maret 16, 2012 pukul 2:38 pm

      diperkecil dalam masalah yg ada di dalam aja (para blogger)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s