Akibat Engine Brake yang Berlebihan

Posted on Updated on

pecah!

Gambar diambil dari group Bursa Pulsar di facebook, hmmm se-ekstrim apakah si pemilik dalam melakukan engine brake?

Engine brake sering aku lakukan tapi untuk engine brake karena kesalahan oper gigi ini yang mungkin pernah dialami bro dan sis ketika terbiasa menggunakan sepeda motor dengan perpindahan giginya seperti motor laki (1-N-2-3-4-5) ke motor bebek (N-1-2-3-4) atau mungkin sebaliknya.

So..hati-hati jika merasa salah oper gigi sebaiknya jangan panik dan jangan langsung lepas kopling (jika menggunakan kopling) atau jangan langsung lepas pedal porsneling (jika tidak menggunakan kopling), sebaiknya turunkan gas hingga dirasa kecepatan sudah cukup untuk posisi gear tersebut.

21 thoughts on “Akibat Engine Brake yang Berlebihan

    vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, said:
    September 25, 2012 pukul 12:52 pm

    buahaya

    azizyhoree said:
    September 25, 2012 pukul 1:02 pm

    setuju sama , quoted ini ==> ➡ So..hati-hati jika merasa salah oper gigi sebaiknya jangan panik dan jangan langsung lepas kopling (jika menggunakan kopling) atau jangan langsung lepas pedal porsneling (jika tidak menggunakan kopling), sebaiknya turunkan gas hingga dirasa kecepatan sudah cukup untuk posisi gear tersebut

    ========================
    hanya saja ada type2 motor tertentu yang tahan terhadap down shift dengan Rpm tinggi , tentunya komposisi bore x stroke harus mendukung , contoh Paijo DOHC ku doi ga akan protes ketika dari speed 80kpj tiba tiba down shift ke gear 4, gear 3 selanjut nya 2 . :mrgreen:

      Adhitya Ramadian responded:
      September 25, 2012 pukul 1:09 pm

      kyknya aku perlu belajar daleman mesin lagi, biar tau kenapa begini kenapa begitunya🙂

      tjoek said:
      September 28, 2012 pukul 8:12 pm

      masih mending kalo cuma downhift, ane aja pernah riding diatas 100kpj pake ninja 2 tak trus tiba2 bensin habis (gak nyadar) dan langsung aja mesin mati, ban belakang sukses ngelock sampe geal geol, alhamdulilah masih diberi keselamatan ama Allah, krena udah kepikiran bakal delosorrrr, alhamdulilah masih bisa berhenti dengan selamat.
      100kpj-0kpj sebagian besar karena engine break (atau lebih tepatnya engine off) makin extrim tuh.

        Adhitya Ramadian responded:
        September 28, 2012 pukul 11:30 pm

        ane pernah tuh kejadian kayak gitu, sukses sliding pas belokan, pake yamaha l2 super, namanya ga ada indikator bensin, di starter ga mau, eh taunya kran bensin nutup xixixixi

    ipanase said:
    September 25, 2012 pukul 2:11 pm

    mantap

    extraordinaryperson said:
    September 25, 2012 pukul 2:20 pm
    touringrider said:
    September 25, 2012 pukul 3:54 pm

    rontok…

    Yoshi said:
    September 25, 2012 pukul 5:03 pm

    kalau ganti2 bebek dan sport suka lupa tuh . . .

      Adhitya Ramadian responded:
      September 25, 2012 pukul 5:20 pm

      bener…suka lupa..

    adoot said:
    September 25, 2012 pukul 6:21 pm

    tu karena materialnya krg kuat sih. tau ndiri bajaj kualitasnya krg dibanding jepang.

    yudha depp said:
    September 25, 2012 pukul 10:14 pm
    adrian said:
    September 26, 2012 pukul 8:10 am

    masak sampai segitunya dengan engine brake mesin/ gear jebol? aku justru yakin itu karena kualitasnya yang ga bagus (maaf itu pulsar?) seekstrim engine brake paling ban belakan akan sliding, atau mungkin beban dibelakang sangat berat sehingga ga bisa sliding dan beban 100% diredam oleh mesin?kalau bener begitu ridernya keterlaluan banget. mungkin semangatnya riding ala pebalap tapi motor yang dipakai motor harian. parah..!

    Dr.Feelgood said:
    September 26, 2012 pukul 11:22 pm

    hmmmm, motor saya sering ngalamain engine brake ekstrim juga. tpi gk pernah sampe jebol gitu. yg ada malah ban ngesot. padahal cuman bebek biasa.

    si Oom! said:
    September 27, 2012 pukul 11:55 am

    gak lolos qc seharusnya😯

    paedhimas said:
    September 27, 2012 pukul 12:36 pm

    pernah ngalami salah oper..tapi nggak sampai pecah..,lho… kualitas logamnya gimana,ya..? http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/27/ketika-komentator-naik-kelas-menjadi-blogger/

    tjoek said:
    September 28, 2012 pukul 8:16 pm

    agak sanksi kalo itu cuma karena engine break, maklum di internet apa sih yg bisa jadi jaminan info 1000% bener?
    kalo cuma engine break paling pol juga cuma ban terkunci, gak bakal bikin pecah mesin, jangankan pulsar, motor china yg paling jelekpun gue jamin gak akan pecah mesinnya hanya karena engine break,

      Adhitya Ramadian responded:
      September 28, 2012 pukul 11:31 pm

      tanya aja langsung mas gading yg upload tuh foto di groups bursa pulsar di fb bro…

        tjoek said:
        September 29, 2012 pukul 6:13 am

        kalo bener brarti kualitas bahan bakunya yg jelek banget, lebih parah dari mocin

    achmad sya'roni blog said:
    September 29, 2012 pukul 12:50 am

    biasanya cuma kruk as yang melintir atau penyok karena engine brake. kok bisa sampai pecah gitu karena engine brake yg keterlaluan atau kualitas partnya yang kurang sip?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s