6 Ruas Jalan Lagi? Masih Kurang

Posted on Updated on

Aku katakan percuma! Bagaimana tidak? Dengan menambah ruas jalan tol ataupun non tol gedung disekitarnyapun terus bertambah, kendaraan terus bertambah, ujung-ujungnya hanya menambah jalur ke pusat kota, pusat pembelanjaan, pusat perkantoran.

Langit masih biru saat pertama kali aku menginjakkan kaki di Jakarta beberapa puluh tahun yang lalu, kini langitpun masih biru, kecuali di sekitar Casablanca – Dr Satrio Jakarta Selatan, yang terlihat warna abu-abu semen.

Memang saat itu terik matahari tidak begitu terasa karena payung panjang menghalangi sengatannya, aku pikir dengan adanya tambahan jalan layang itu lalu-lintas bisa semakin lancar, ternyata tidak, karena jalan baru belum bisa digunakan, wajar!

Wajar! Beberapa mobil-mobil besar masih bersliweran, karena jelas PEMBANGUNAN GEDUNG-GEDUNG PENDAMPING RUAS JALAN BARU YANG DI ATAS KEPALAKU INI BELUM SELESAI!

Lucu ya! Mall semakin memanjakan manusia penggila window shoping, serasa kampung sendiri, serasa tenang dengan gemericik air mancur, sementara tempat bule tidur, dan para eksekutif yang tidak mau jauh dari tempat mencari uang hampir saja selesai, apalagi jika bukan apartemen yang semakin mewah.

Lah, ruas jalan di atas kepalaku ini untuk apa? Oh mungkin untuk memindahkan kendaraan dari arah tebet ke tanah abang dan sebaliknya agar lebih lancar ya?

Nah yang mampir lewat jalan yang aku lewati nantinya akan semakin berkurang atau malah semakin banyak?

Lalu….ujung dari ruas jalan non tol Dr Satrio – Casablanca ini ada apa ya? Owh! Ternyata masih banyak ruang kosong yang akan dibangun lagi…. ckckckckck….

Beginilah beberapa keherananku terhadap para manusia yang ingin maju “perutnya” dan mundur “pantatnya” sementara otaknya semakin indah dengan hiasan rupiah-rupiah, “yang penting kaya bung!”

One thought on “6 Ruas Jalan Lagi? Masih Kurang

    Triyanto Banyumasan said:
    November 14, 2012 pukul 10:57 am

    Memperkaya diri.. membangun prestise.. manusiawi kata mereka..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s