Jual Beli Online

Posted on

Jaman udah canggih, jual belipun dilakukan secara online. Bagi calon pembeli, mencari barang yang diinginkannya tidak perlu lagi keliling kota untuk keluar masuk toko yang menjual barang yang dicarinya, tidak perlu lagi menulis iklan di koran-koran, cukup akses internet dan cari barang yang diinginkan.

Jika ketemu, tinggal hubungi saja penjualnya, jika cukup percaya silakan melakukan transaksi secara online, lalu barangpun dikirim ke alamat pembeli oleh penjual.

Namun bagaimana jika calon pembeli ingin melihat langsung barang yang ditawarkan oleh penjual? Pembayaran secara COD (Cash On Delivery) adalah solusinya. Pembeli janji ketemuan dengan penjual untuk melihat barang yang akan dibeli, jika cocok, deal, maka langsung bayar.

Namun ada kasus lain jika lokasi penjual ternyata berbeda kota, yang cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk melihat langsung kondisi barang yang dijual, sementara jika barang langsung dikirim ada kekhawatiran sendiri dari calon pembeli mungkin mengenai ketidak cocokan, ada yang kurang disana-sini.

Berikut salah satu contohnya:

motuba

Solusinya adalah menghubungi rekan, kerabat, saudara atau siapapun yang dikenal oleh calon pembeli yang lokasinya tidak jauh dari lokasi penjual untuk melihat langsung kondisi barang yang dijual (yang pastinya rekan calon pembeli adalah orang yang paham juga tentang barang yang akan dibeli calon pembeli), jika cocok, hubungi balik calon pembeli, transaksi via transfer antar bank, dan barang dikirim oleh rekan tersebut ke alamat calon pembeli, yang pastinya calon pembelipun harus menyisihkan uang untuk biaya kirim yang harus ditransfer ke rekannya.

Bagaimana mas Irawan sudah deal belum?

3 thoughts on “Jual Beli Online

    ipanase said:
    Juni 19, 2013 pukul 11:39 am

    cocok

    one08 said:
    Juni 19, 2013 pukul 11:49 am

    :mrgreen:
    malah jadi artikel…
    memang jaman sekarang kepercayaan adalah barang mahal, terkadang kita harus melihat reputasi seller sebelum mengambil keputusan membeli. akan lebih baik lagi jika ada rekan, sahabat ataupun saudara yang dekat dengan lokasi seller untuk lebih memastikan. JB Online memang unik, disatu sisi memudahkan disisi lain sangat mendebarkan😉
    *)kalau ketipu jelas menyedihkan😦

      Adhitya Ramadian responded:
      Juni 19, 2013 pukul 1:19 pm

      hehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s