Bikin SIM C di Polres Bekasi

Posted on Updated on

Yup! kemaren sabtu, 6 Juli 2013, ngantar adik ipar untuk bikin SIM C, yang lama udah mati dan domisili berganti Bekasi yang sebelumnya Bogor. Berangkat dari rumah jam 9 pagi, udah was-was aja bakalan rame dan antri panjang, ternyata hal itu terbukti.

Langkah-langkah membuat SIM C sangat mudah dan JANGAN SEKALI_KALI MENGGUNAKAN CALO!

  1. Siapkan fotocopy KTP 5 lembar
  2. Siapkan 2 lembar fotocopy KTP untuk dimasukkan ke tempat tes kesehatan, dan siapkan uang Rp. 25.000 (entah biaya ini resmi atau tidak, toh tesnya juga hanya formalitas, untuk antrian diatas jam 11 tidak ada tes, cuma bayar saja)
  3. Selesai tes kesehatan, menuju ke pembayaran pembuatan SIM, Rp. 100.000 untuk SIM C, dan Rp. 120.000 untuk SIM A, dan biaya asuransi Rp. 30.000
  4. Ikuti tes tulis, ada 30 soal, jika benar 20 soal masih lulus, namun jika salah 15 tidak lulus
  5. Lulus tes tulis langsung menuju tempat untuk tes prakte, boleh menggunakan motor yang telah disediakan atau motor sendiri.

Kondisi suasana di bawah dijadikan kesempatan oleh para calo untuk membujuk calon korbannya, “kalo mau dibantu bisa cepat mas/mbak!”, padahal tes tulis, tes praktek kita juga yang melaksanakan.

antri panggilan tes kesehatan
antri panggilan tes kesehatan

Disini harus mengeluarkan uang Rp. 25.000 untuk pembuatan SIM apapun.

tes kesehatan
tes kesehatan

Cukup Rp. 30.000 untuk biaya premi asuransi.

biaya asuransi kesehatan
biaya asuransi kesehatan

Perhatikan dengan seksama, jangan sampai dikelabui oleh calo!

klik untuk detail, biaya jauh lebih murah daripada pake CALO
klik untuk detail, biaya jauh lebih murah daripada pake CALO
menuju ruang pembayaran
menuju ruang pembayaran

Isi formulir lagi untuk tes praktek.

daftar tes praktek, isi formulir lagi...
daftar tes praktek, isi formulir lagi…

Sebelum melakukan tes praktek diberikan oleh polisi senior, jika tes praktek I gagal maka mengulang lagi pekan berikutnya, maksimal 2 pekan, jika tes berikutnya yang kedua gagal lagi maka kembali lagi sebulan berikutnya, jika tes yang ketiga tetap saja masih gagal, maka sama para polisi disitu tetap dibantu untuk diluluskan xixixixixi…

suasana tes praktek
suasana tes praktek
suasana tes praktek, pengarahan oleh polisi
suasana tes praktek, pengarahan oleh polisi
tes praktek dimulai
tes praktek dimulai

Jika tes praktek lulus, balik lagi ke ruang pembayaran pembuatan sim untuk foto SIM, mudahkan!

23 thoughts on “Bikin SIM C di Polres Bekasi

    ipanase said:
    Juli 8, 2013 pukul 12:31 pm

    mantabh le, kpk datang, calo2 menghilang😀

      Adhitya Ramadian responded:
      Juli 8, 2013 pukul 12:38 pm

      betul

      calopun tidak bekerja maksimal, minta uang di awal, tp si korban tetap melakukan tes tulis dan praktek hehehe, eman duite

    Aa Ikhwan said:
    Juli 8, 2013 pukul 1:51 pm

    ajib iki

      Adhitya Ramadian responded:
      Juli 8, 2013 pukul 1:54 pm

      ajib hehe, bukan ajaib yg tiba2 sim ada ditangan tanpa melalui tes apapun xixixixi

    orong-orong said:
    Juli 8, 2013 pukul 2:14 pm

    wah, aku tes jalan 2 kali gagal. sekarang tidak diurus simnya.
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/07/08/akhirnya-dapat-juga/

    demit ningrat said:
    Juli 8, 2013 pukul 8:19 pm

    yg jdi masalah tes prakteknya bro,seahli apapun pasti gagal.motor prakteknya aja remnya blong(polres cikarang)

      Adhitya Ramadian responded:
      Juli 8, 2013 pukul 8:40 pm

      Untungnya disini ditunjukin caranya, dipraktekkan caranya, dikasih anjuran agar bisa lolos tes, dan banyak yg berhasil dg motor yg disediakan polree bekasi

    cak poer said:
    Juli 8, 2013 pukul 9:56 pm

    kalo lihat medan test praktek zig-zag ga nyenggol patok cukup mudah tuh…
    coba test di polres purwokerto dijamin bubrah:mrgreen:

      Adhitya Ramadian responded:
      Juli 10, 2013 pukul 8:54 am

      ya sejauh ini gampang banget yg di bekasi

    adjie said:
    Juli 28, 2013 pukul 11:52 pm

    Brarti total biaya cuma 25+30+100=155rb untuk SIM C dong? Murah banget? Beneran ini? Kalau memang segitu, mendingan bikin aja, dr pada kena tilang, skali tilang 50rb x 5 (max 1thn) = 250rb. Wedeh… Eman eman yo…😀 bikin ah…

      Adhitya Ramadian responded:
      Juli 29, 2013 pukul 8:47 am

      bener bro…, jangan lewat calo, tes praktenya mudah kok

    vivi said:
    Agustus 9, 2013 pukul 9:51 am

    waah… makasi info nya….
    oke siap” ke polres bekasi🙂

    Joni Kurniawan said:
    September 11, 2013 pukul 2:48 pm

    basrusan bikin tp gagal tes teori,,,hihhiii..payah dah😦

      Adhitya Ramadian responded:
      September 11, 2013 pukul 2:57 pm

      teori gagal?? waduh

    Habibah said:
    Oktober 2, 2013 pukul 2:51 pm

    Thx bro, atas info nya, rencananya besok mau buat sim c di Polres Bekasi, jum’at kemaren kena tilang seh.
    mohon doa nya ya semoga sy lulus, amin

      Adhitya Ramadian responded:
      Oktober 2, 2013 pukul 3:35 pm

      sip!

    hoki said:
    November 9, 2013 pukul 2:13 pm

    saya tidak perduli apakah calo itu melanggar undang undang atau tidak.karena saya tak punya waktu untuk mengurus sim secara resmi.jadi bagi saya,calo adalah pilihan tepat,mahal tidak masalah,yang penting gak ribet.saya itu paling males menatap muka muka PNS PEMALAS Di gedung gedung pemerintah,ngurus KTP Aja PNS Nya ketawa ketiwi di kantor,ngurus pajak juga gitu.paling jijik saya berurusan sama PNS. Dan saya juga jijik berkomentar di blog yang pake captacha.

      Adhitya Ramadian responded:
      November 11, 2013 pukul 9:51 am

      malu shy shy shy

      krok said:
      Agustus 14, 2016 pukul 2:47 pm

      tidak punya waktu? bahkan di akhir pekas sekalipun? hahaha alasan sangat KLASIK. Anda jijik dengan badut badut di kantor pemerintah? saya juga. Tapi meskipun sudah kehilangan hormat dan harapan pada pemerintah dan negara anda harus tetap mentaati hukum – hukumnya karena itu yang membedakan anda dengan orang orang itu. Anda kelihatan seperti orang yang sudah muak sama negara ini tapi anda menolak untuk jadi orang YANG BERBEDA, jadi tak ada gunanya bersikap sok seperti “rakyat negara maju” orang anda sama saja

    syarif hidayatullah said:
    Januari 31, 2014 pukul 11:47 pm

    bls dong…ke email saya aifsunda88@gmail.com
    besok bikin sim c buka gk y…ribet gk y
    kena tilang terus ni pengen bikin banyak yg nakutin katanya susah dah ribet untuk sekarang pembuatanya

      Adhitya Ramadian responded:
      Februari 3, 2014 pukul 12:52 pm

      mudah, ga pake ribet, jangan takut

    iwin said:
    November 10, 2014 pukul 4:50 pm

    Tadi memberanikan diri bikin sim C, prosesnya gampang dan gak pake lama kebetulan tdk begitu ramai dan biaya 155rb. Saat tes prakek..ujicoba berhasil mulus, eh giliran tes benaran malah kaki satu turun saat zigzag kedua…Gagal maning. Mudah2an praktek k2 lulus hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s