another Adhitya Ramadian blog

Lalu Lintas

Mengingatkan Kembali, Bahwa Mobil Bikin Macet

1520715_302566036561891_8631250117372490918_n

Semoga gambar ini bisa menjelaskan dari gambar yang sebelumnya. (lebih…)


Jalur Sepeda Banjir Kanal Timur (BKT)

Seyogya seseorang itu tidak bermudah-mudahan dalam menghakimi suatu masalah (koreksi diri pribadi).

Hal ini saya tulis karena terkait gambar tersebut.

2813093_20130104121355

Kembali ke persoalan, ruwetnya lalu lintas di Jakarta tidak bisa dijabarkan satu persatu, namun saya mau secara langsung menanggapi orang-orang yang mengatakan bahwa mereka yang bermotor pada gambar di atas adalah “orang-orang bodoh” atau “bodoh berjamaah” dan lain sebagainya. (lebih…)


Jogja dan Beberapa Keindahan Kecilnya

Akhirnya bisa meluangkan waktu sejenak untuk menulis…

3 hari adalah waktu yang terlalu pendek untuk menikmati keindahan kota Yogyakarta, hari pertama saja sudah diisi dengan persiapan ke Imogiri untuk mengantarkan adik ipar melamar gadis pujaanya xixixi.., alhamdulillah diterima dengan baik.

Dari sempitnya waktu, ada beberapa hal yang bisa aku ceritakan di blog ini, salah satunya adalah keindahan kota Yogyakarta dan tertibnya lalu lintas disana.

Padahal pagi itu jam menunjukan pukul hampir jam 8, sinar matahari jam segitu biasanya di Jakarta sudah termasuk panas, namun tidak saat kami duduk di becak, udara dingin berhembus, menikmati bersihnya sebagian kecil kota Jogja – Demangan Kidul.

Kagum juga becak yang kami naiki berhenti dibelakang garis putih saat lampu menyala merah. (lebih…)


Warna Kuning, yang Terlupakan dan Korelasinya

Mengingatkan lagi mengenai Yellow Box Junction yang masih belum berfungsi dengan baik.

yellow box junction

yellow box junction

Mengapa belum berfungsi dengan baik? Pengguna jalan belum mematuhi dengan baik?

Mengapa para pengguna jalan raya belum memahami fungsi yellow box junction ini?

Jawabannya adalah (CMIIW)

  1. Sosialisasi dari pemerintah dan pihak kepolisian belum merata, sementara pengguna jalan itu terdiri dari berbagai kalangan.
  2. Banyak pengguna jalan raya belum paham mengenai rambu-rambu lalu lintas
  3. Belum ada tindakan tegas dari aparat di jalan raya
  4. Belum berfungsinya beberapa rambu lalu lintas, khususnya lampu lalu lintas

Apa hubungannya dengan lampu lalu lintas?

(lebih…)


Rame Mengenai “Larangan Duduk Ngangkang” untuk Boncenger

Dasarnya apa? yang pasti duduk ngangkang itu lebih safety daripada dudung nyamping.

Jika dasarnya adalah para pecinta hot pants yang selalu bikin ulah, tidak menghargai dirinya sendiri atas aurat yang seharusnya ditutup, dan juga para pengguna rok mini yang harusnya sadar jika memang dirinya harus berboncengan maka siapkan celana panjang agar tidak repot-repot menutupi dengan jaket atau kain!

Maka…jika karena akan menegakkan hukum Islam di Aceh, bukan begitu caranya dan bukan itu solusinya, tapi tanamkan dalam-dalam mengenai tauhid dan aqidah yang benar dulu!

Percuma rumah mewah mentereng jika pondasinya saja tidak kuat, percuma mengaplikasikan genteng tahan bocor, tembok tahan rembes jika hujan terus menerus mengguyur, tanah jadi labil, pondasi ga kuat yo akhire ambles! Memang genteng ga akan bocor tapi rusak berkeping-keping karena rumah ambles hancur akibat pondasi ga kuat.

Jadi mirip kasus yang pernah dialami bro Henry “Bodats” mengenai wajib melepas helm untuk menuju tempat parkir, sebuah peraturan yang aneh dan bodoh!


Bertarung Melawan Macet Jakarta

http://m.metrotvnews.com/videoprogram/detail/2013/01/01/15656/816/Bertarung-Melawan-Macet-Jakarta/Primetime%20News

Siapa penyumbang kemacetan terbesar di Jakarta?

(lebih…)


Pajak Mobil Lebih Besar Dari Motor, Lalu?

space-needed-to-transport-60-people

Gw beli mobil yang pasti gw dah tau resikonya, yaitu bayar pajaknya lebih besar dari motor”

Trus gw musti koprol dan bilang wow gitu?!

Ya kagak lah bro…, yang pasti hak gw dong pake mobil tiap hari, 1 orang 1 mobil

Ya terserah lu, yang pasti kalo kondisinya seperti gambar diatas, lu jangan ngeluh yeee…

..^%$#**)*@…


6 Ruas Jalan Lagi? Masih Kurang

Aku katakan percuma! Bagaimana tidak? Dengan menambah ruas jalan tol ataupun non tol gedung disekitarnyapun terus bertambah, kendaraan terus bertambah, ujung-ujungnya hanya menambah jalur ke pusat kota, pusat pembelanjaan, pusat perkantoran.

Langit masih biru saat pertama kali aku menginjakkan kaki di Jakarta beberapa puluh tahun yang lalu, kini langitpun masih biru, kecuali di sekitar Casablanca – Dr Satrio Jakarta Selatan, yang terlihat warna abu-abu semen.

Memang saat itu terik matahari tidak begitu terasa karena payung panjang menghalangi sengatannya, aku pikir dengan adanya tambahan jalan layang itu lalu-lintas bisa semakin lancar, ternyata tidak, karena jalan baru belum bisa digunakan, wajar!

(lebih…)


Mudik Lagi Mudik Lagi…

Hanya sekedar sharing mengenai mudik, yang menjadi fenomena dalam masyarakat Indonesia, melihat kenyataan ini saya turut prihatin kepada orang-orang yang memaksakan dirinya harus mudik dengan kendaraan roda dua alias sepeda motor, kebanyakan mereka yang menjadi korban, dinginnya udara malam, ngantuk atau panasnya udara siang hari menyebabkan mereka harus kehilangan konsentrasinya, akhirnya kecelakaan itu terjadi.

Yuk kita simak apa yang saya dapat dari seorang teman melalui dinding facebooknya (lebih…)


NATO (No Action Type Only)!

NATO

Kemarin, Senin 25 Juni 2012 (lebih…)


Jangan Sekedar Menyalakan Lampu Sein!

Pagi tadi, disepanjang flyover Tebet Jaksel arah ke Casablanca, terjadi accident kecil antara 2 motor, korbannya adalah aku sendiri, kejadiannya seperti gambar di bawah:

“jangan asal belok donk!”, eh dia nyolot “bapak ga lihat sein saya nyala!”, “posisi anda masih di dalam, liat-liat dulu donk!” balik gw yang nyolot

(lebih…)


Masyarakat Jakarta Kembali terancam Teror

Kali ini bukan teror bom, tapi teror ketakutan pasca kecelakaan “maut” yang menewaskan 9 orang pejalan kaki oleh Xenia yang dikendarai Afriyani Susanti.

(lebih…)


Apa Isi Blog Otomotif

Blog Otomotif melulu mengenai Mobil dan Motor?

Blog otomotif, pasti membicarakan mengenai perkembangan otomotif, berita kematian Simoncelli di sirkuit Sepang Malaysia begitu mengagetkan, hampir semua memberitakan hal ini. Motor baru dirilis? Wow! Siapa yang tidak mau ketinggalan beritanya? Acara motorshow, siapa yang tidak mau datang ke acaranya?

Namun ingat, dibalik semua itu ada hal yang selalu menyertai. Motor keren jika tidak bisa lari kencang percuma, motor sport tapi kalo pake mesin jahit, lutju! Jadi hal yang menyertai kendaraan bermotor adalah mesin, mesin yang bisa menghasilkan tenaga yang besar dan bisa membawamu berlari kencang. So..sudah pahamkah anda mengenai berlalu lintas yang benar? Taukah apa-apa yang dilarang selama berkendara dan apa-apa yang harus diperhatikan selama berkendara? Jika belum, mengapa engkau seolah paham akan perkembangan keselamatan berkendara? Merasa sudah paham akan bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar? Atau bahkan acuh tak acuh mengenai blog yang menyuarakan tentang safety riding.

Untuk itu silakan tanyakan pada diri sendiri.

Keep Safety Riding


Sudah Seharusnya Truk dibuatkan Jalur Khusus

Ya benar, truk dengan segala macam barang muatannya sudah sepantasnya dibuatkan jalur khusus, artinya bukan jalur khusus seperti TransJakarta tapi diarahkan ke jalan-jalan tertentu yang disitu memang diramaikan oleh Industri, seperti halnya yang telah dilaksanakan di Malang Jawa Timur, memang sudah lama hal ini diterapkan, berikut gambarnya:

Jalan Mergosono Malang

Tepatnya di jalan Mergosono Malang, hingga ke utara melalui jalur lapangan Rampal, SMA Negeri 5 Malang, hingga Terminal Arjosari dan lanjut jika ingin keluar kota (Malang). Jalur ini memang tempatnya Industri, panas debu seperti bukan di kota Malang, yang membedakan hanya tertibnya pengguna lalu lintas disana.

(lebih…)


Titik Pandang Agar Lancar di Jalan

titik fokus

Bro…sist…mau share nih, share agar kita lancar selama diperjalanan, hal ini terkait dengan seberapa sering kita menginjak rem, dan menarik gas, maksudnya apa? ok begini, hal ini sudah aku praktekan (secara tidak langsung karena aku bikers ibukota), kadang kala aku merasa gaya ridingku tidak enak sekali, sering nginjak rem, seperti orang tidak konsentrasi, belum lagi gaya riding seperti ini layaknya orang panik, padahal lalu lintas saat itu tidak begitu macet dan rapat, tapi sepertinya jalan begitu sempit untuk aku lalui, namun kadang kala dengan lalu lintas yang sama (tidak terlalu padat) aku sangat menikmati perjalanan, sepertinya jalan kebuka buatku untuk sampai tujuannya (tau maksudnyakan?).

Ternyata itu semua berpengaruh dari titik pandang/titik fokus kita saat berkendara, titik fokus/pandang ini berguna juga saat kita berada dalam arena balap, siapa saja lawan kita dan bagaimana tindak-tanduk lawan kita, kita bisa secepat mungkin mengetahuinya, sehingga bisa diminimalisir apa itu yang namanya bersenggolan.

Berikut adalah gambar simulasi mengenai titik fokus kita saat berkendara (masih titik fokus mengenai lawan berkendara kita): (lebih…)


Aksi Akrobat Bripka Karno

Udah lihat kaskus hari ini? coba masuk ke link ini -> http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10907394

Pro dan kontra terhadap aksinya pasti ada, namun bagaimana anda menilainya?

(lebih…)


Kecelakaan Karena Jalan Bergelombang

Masih hangat media memberitakan kejadian yang menimpa Saiful Jamil yang mengakibatkan istrinya meninggal dunia dalam kecelakaan di kilometer 97 tol Cipularang.

(lebih…)


Jangan Gunakan Telephone Saat Berkendara

Menyempatkan waktu untuk menulis, saat sibuk coding (nulis program)…

Pagi tadi setelah terowongan Casablanca, perasaan jengkel lihat rider Honda Vario putih (B 6800 KOF) dengan asyiknya ber-BBM ria, “wah gw salip aja nih orang! siapa tau baca tulisan di spackbor belakang motor gw!”, pas gw salip tuh Vario, eh…kagak baca die…ya iyalah…asyik ber-BBM…, saat itu jalanan agak tersendat, pas sekali posisi dia di belakang gw, “hmmm…coba rem mendadak ahh…paling-paling nabrak spackbor motor gw ini…”, ciiitttt! ngerem mendadak karena emang kendaraan depan sangat dekat, brukk! “ternyata bener, tuh motor nabrak spackbor motor gw”, langsung aja gw noleh ke belakang “Mas…simpan tuh handphone..”, tau gak reaksi si ridernya? Blah bloh aja dia, ga paham dia kalo jari gw nunjuk ke spackbor, mungkin dia berusaha tanya “kenapa mas?? gak papa kan motornya??”, gw inget kaca helm belum dibuka xixixixi…pantes budeg, akhirnya buka kaca helm “Simpan handphonenya mas…” sambil jari telunjuk gw nunjuk ke spackbor belakang, akhirnya tuh rider baca juga hehehehe….merasa dia salah, dimasukkannya itu handphone ke celananya.

Jangan gunakan ponsel saat berkendara!

(lebih…)


Setiap Hari 3 Orang Tewas di Jalanan Jakarta

Menilik berita dari milis RSA siang ini:

Setiap Hari 3 Orang Tewas di Jalanan Jakarta 

VIVAnews – Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi kepolisian dengan sandi “Operasi Patuh Jaya 2011″. Operasi akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari 11 sampai 24 Juli 2011.

Menurut Inspektur Pengawasan Daerah Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Moer Ali, razia pengguna jalan ini dilakukan mengingat tingkat kerawanan lalulintas di DKI Jakarta dan sekitarnya semakin memprihatinkan. Bahkan, setiap hari, tiga orang tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalulintas.

Dia menjelaskan, sasaran operasi mencakup pelanggaran lalulintas, antara lain penerbitan angkutan umum, kendaraan pribadi, sepeda motor, pejalan kaki, dan penyeberang jalan yang tidak pada tempatnya.

Selain itu, juga mengatur pedagang kaki lima, gelandangan pengangguran, parkir liar, dan pelanggaran lalu lintas lainnya. Operasi Patuh Jaya ini melibatkan 4.092 personel terdiri dari 2.289 petugas Polda Metro Jaya dan 1.756 personel jajaran Polres.

Operasi ini, lanjut Moer Ali, lebih mengedepankan tindakan preventif dan penegakkan hukum secara tegas namun humanis.

“Tujuan dilakukan operasi ini dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian,” jelas Moer Ali dalam sambutannya di Acara Apel Operasi Patuh Jaya 2011 di Lapangan Polda Metro Jaya, Jumat 8 Juli 2011.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Royke Lumowa mengungkapkan pelanggaran lalulintas didominasi oleh pengendara sepeda motor dan angkutan umum.

“Di Jakarta dan sekitarnya, setiap hari 3 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Ini tentu sangat memprihatinkan,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Sejak awal Januari – Juni 2011 ini, jumlah pelanggaran sepeda motor mencapai 362.056 kasus dengan jumlah kecelakaan 3.133 kasus. Sementara pelanggaran angkutan umum sebanyak 88.214 kasus dengan 427 kasus kecelakaan. “

Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas
- Tahun 2006 : 529.844 pelanggaran
- Tahun 2007 : 633.522 pelanggaran
- Tahun 2008 : 509.124 pelanggaran
- Tahun 2009 : 737.426 pelanggaran
- Tahun 2010 : 720.837 pelanggaran
- Tahun 2011 : 450.495 pelanggaran

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas :
- Tahun 2006 : 4.407 kasus, dengan jumlah korban 5.688 (1.128 meninggal dunia; 2.372 luka berat; 2.188 luka ringan)

- Tahun 2007 : 5.154 kasus, dengan jumlah korban 6.742 (999 meninggal dunia; 2.345 luka berat; 3.398 luka ringan)

- Tahun 2008 : 6.393 kasus, dengan jumlah korban 8.083 (1.169 meninggal dunia; 2.597 luka berat; 4.317 luka ringan)

- Tahun 2009 : 7.329 kasus, dengan jumlah korban 9.624 (1.071 meninggal dunia; 3.388 luka berat; 5.165 luka ringan)

- Tahun 2010 : 8.235 kasus, dengan jumlah korban 10.346 (1.048 meninggal dunia;k 3.473 luka berat; 5.825 luka ringan)

- Tahun 2011 (s/d Mei) : 3.288 kasus, dengan jumlah korban 4.149 (487 meninggal dunia; 1.019 luka berat; 2.643 luka ringan)

(Sumber Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya)

(lebih…)


Hot Pants Pembuat Celaka!

Si pembuat onar! Bikin celaka!

Jangan salahkan mata pria jika kelakuanmu (para wanita) seperti itu!

Jaga auratmu! Jangan diumbar!

Untuk para suami baca ini ya…

Dayyuts, Akhlak Tercela yang Dianggap Mulia

sumber gambar: http://aaslamdunk.blogspot.com/2010/04/kenikmatan-naik-motor-di-jalan-raya.html#axzz1Jx97rn4z


Ilmu Kebal Apa yang Kau Punya?

Sore itu sekitar jam 5 pulang kerja dari Kawasan Mega Kuningan, kemudian ketemu kedubes Belanda belok kanan kea rah Balai Kartini, terlihat di pertigaan antara Balai Kartini dengan TNI AD ada seorang polisi mengatur para pengguna jalan dan di pojok Balai Kartini di jalan Gatot Subroto arah ke Timur ada seorang polisi lagi sedang mengatur lalu lintas, tampak dari arah barat menuju ke Timur seorang polisi mengendarai Yamaha yg ccnya hampir 1000, namun yang jadi perhatianku adalah seorang biker yang mengendarai Yamaha V-ixion itu membonceng seorang laki-laki belasan tahun tanpa helm, ya..yang saya perhatikan dari pertigaan kedubes Belanda hingga di lampu merah Gatot Subroto dia sama sekali tidak kena tegur polisi…herman…herman…eh heran…heran… (lebih…)


Yang Buta Rambu-Rambu Lalu Lintas Silakan Belajar Dulu

Beberapa dari banyak Rambu Lalu Lintas

Pertanyaannya adalah “Pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan raya itu karena ga bisa baca rambu lalu lintas atau cuek akan adanya peraturan??”

Apakah syarat punya motor dan/atau mobil itu harus paham rambu-rambu lalu lintas?? (lebih…)


Hayo! Ganti Lampu Belakang Motormu Kawan!

Peringatan bagi para Pemotor dan Pengendara mobil yang mengganti warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih/transparan, selain membuat silau dan membahayakan pengendara dibelakangnya. Kepolisian akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal Rp. 500.000 atau kurungan 2 bulan.

Dalam Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 279: Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (Lima ratus ribu rupiah).

Perlu diketahui pihak Pabrikan telah mengatur peruntukan lampu sesuai fungsinya, yang mana lampu depan kendaraan terbuat dari mika berwarna bening sehingga memiliki pancaran cahaya yang memecah dan memudar sebagai fungsi penglihatan jalan ke depan, sedangkan lampu belakang di design kaca mika berwarna merah dan pancarannya redup sebagai fungsi pertanda kondisi kendaraan melakukan pengereman. (TMC Polda Metro)

(lebih…)


Desain Pembangunan Jalan Layang Non Tol Sudirman – Casablanca

Just Share with comment from me…

Ini dia si jali-jali desain pembangunan jalan layang non tol Sudirman – Casablanca, desainnya bagus! andai Jakarta memang seperti pada gambar, tidak ada kemacetan, ya…minimal hari minggu seperti di gambar, dan hari lainnya kalikan 15 aja jumlah mobil yang ada di gambar…hmmm terlihat indah…sesekali motor gede melintas, motor bebek hanya terlihat beberapa, jalanan bersih…oohhh indahnya Jakarta…

bersih...


(lebih…)


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 835 pengikut lainnya.