Bajaj Pulsar Itu Sepeda Motor
Gonjang-ganjing isu mengenai kaburnya BAI dari Indonesia sebetulnya sudah terendus dari lama, mulai banyaknya berita mengenai logo Bajaj “hilang” di bengkel Resmi, mergernya Bajaj dengan Kawasaki, sampai terakhir diawali dari blog mas Iwan. Saat kasus pelepasan logo Bajaj di bengkel resmi, sayapun turun langsung untuk tanya ke kepala mekanik BAS Pondok Gede, sekalian servis motor.
Isu tersebut ternyata berpengaruh kepada mereka penyemplak motor Pulsar, banyak mereka yang mempertanyakan mengenai layanan servisnya bagaimana, sparepartnya bagaimana, bahkan tidak sedikit dari mereka mulai memasang iklan untuk menjual motornya.
Jika mengutip kata-kata om Torry Parantoro di group Bursa Pulsar:
di satu sisi, banyaknya komen yg isinya marah2, memaki2 atas tutupnya banyak bengkel/dealer Bajaj Pulsar itu menunjukkan karakter konsumen yg cengeng dan enggak paham fenomena bisnis (mengenai kerjasama Kawasaki-Bajaj dan mengenai bakal munculnya bengkel2 alternatif utk Pulsar dan penyedia spareparts aternatif utk Pulsar)… tapi memang ada hikmahnya, semakin heboh konsumen, artinya adalah semakin besar peluang bagi bengkel alternatif dan penyedia parts alternatif utk menjalankan bisnisnya !!
Maka saya garis bawahi kata “cengeng”, sangat tepat untuk dilontarkan kepada mereka yang ingin turut eksis dengan membeli Pulsar (padahal produk Jepang yang sudah terkenal banyak) namun tidak siap dengan segala kondisi yang harus mereka hadapi.
Bajaj Pulsar itu sepeda motor pada umumnya, yang membedakan adalah businya ada 2, kalo ga mau ribet dengan dua busi, silakan konsultasi dengan mas Londo TRB untuk menutup lobang busi sebelah kanan.
Part pun banyak, silakan tanya-tanya kepada mereka yang sudah lama menggunakan Pulsar. Berikut info mengenai penyedia spare paret Bajaj Pulsar:
Jaringan RESMI Parts shop BAI Genuine and Vendor parts
jl.Masjid Abidin no 18
pondok bambu jakarta-timur
home 021-86615186
hp 0813-10955599 / 021-30603388
http://www.indipart.com
Dan berikut penjelasan dari Norival Auto-Parts yang menjawab salah satu anggota group-nya di facebook
Penanya:
makasih dah di add 😀
kebetulan ada yg mau ditanyakan
[WTA] part pulsar/bajaj yg beredar di indonesia ada berapa merk sih? trus kualitasnya bagaimana? mohon dijelaskan supaya konsumen nggak bingung….:D
Jawaban dari Norival Auto-Parts
Spareparts yang tersedia di Norival Auto Parts dan jaringannya adalah barang yang beredar dan berasal dari India (disebut Aftermarket Parts) yang membedakan adalah Vendornya, ada vendor resmi BAJAJ yang memberikan kebutuhan supply parts untuk perakitan Bajaj Auto limited, seperti Varroc, Endurace, Minda, etc. contoh logo endurance bisa di temui di smua pulsar kita, varroc pada bagian spion, dinamo starter, spull, bsc kit/comp, minda switch control dll. Dan ada pula barang dengan grade OEM yaitu barang dengan kualitas yang setara dengan pabrikan, tetapi tidak memberikan pasokan kebutuhan untuk perakitan, harga lebih bersaing dengan kualitas setara. Ada juga yang dibawah kualitas ori dengan harga yang jauh lebih bersaing, biasa disebut KW, info terakhir hasil survey, ada pula beredar barang2 made in china (masih terbatas pada plat kopling kampas dan gearset). thanks
Gimana bro sist semua? Sudah jelas? Sudah tidak cengengkan?
Maret 29, 2013 pukul 3:46 pm
ada 2 versi gan, roda 2 dan roda 3
Maret 29, 2013 pukul 5:48 pm
Thanks infonya tp bgmn yg didaerah,ane rider p135 ane akuin tu mtr nyaman apalagi kl pake malem hr.
Maret 29, 2013 pukul 6:01 pm
tp kn gk semua daerah ada…masa semua hrus berpusat di jkt
tpi bgus jg tuh kalo bajaj bisa service di dealer kawak
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Maret 29, 2013 pukul 10:22 pm
@All: Saya mulai dari baris ini ya…
Sering-sering aja cari info dengan gabung di groups Bursa Pulsar, Norival Auto Parts, Indi Part dan sebagainya, insya Allah ga susah kok
Maret 30, 2013 pukul 7:09 am
Baru tau kalau konsumen nuntut haknya dibilang cengeng…..:-)
Sebenarnya kalau pemerintah dan konsumen sadar Bajaj sebagai ATPM sudah bisa dituntut pasal ketidakjelasan informasi dan pasal2 lain UU Perlindungan Konsumen.
Problemnya konsumen R2 disini pemaaf sih biar udah dirugikan.
Maret 30, 2013 pukul 10:23 am
dirugikan gimana? sparepart masih berlimpah kok..
motor juga gitu2 aja, masa sih perlu teknisi khusus untuk menangani pulsar? emang ga bisa dipelajari? gerak piston gitu2 aja, cara kerja klep dan camshaft juga gitu2 aja
Maret 30, 2013 pukul 8:14 am
w sebagai pemakai pulsar 2007 sih ga masalah BAI hengkang asal masih bisa service di KAWASAKI…. kan asik tuch liat motor batangan yang keren2… hehe
Maret 31, 2013 pukul 9:12 pm
Asumsinya itu khan kalau usernya melek informasi..bayangkan yang pakai pulsar itu orang desa dan letaknya di pedalaman dimana informasi seperti ini sulit didapat..okelah selama ini rela service ke beres dengan menempuh jarak 100 km sekali sebulan.ehh tanpa ada pemberitahuan tiba2 beres tutup.apa ga gila tuh?mau kemana dia mengadu coba..lha infonya ga ada sama sekali.konsumen cengeng?terserah..itu hak nya konsumen kok.
April 1, 2013 pukul 8:52 pm
ane yg mesti riding 200an km buat ke beres terdekat aja enjoy… anggep aja sekalian touring
yg pasti siapin aja spare part cadangan selagi bengkel masih buka… coz ribet kl butuh sparepart mendadak mesti pesen ke jkt
April 1, 2013 pukul 1:42 pm
Yang ada nantinya rider Old Pulsar pada marah2 di Beres Kawasaki lantaran ditolak service disana (yang diterima service di Kawasaki cuma 200NS series). Mekanik Kawasaki pun dijamin pada bengong, lha wong BAI yang makan nangkanya, kok KMI yang harus nanggung getahnya?
April 1, 2013 pukul 4:19 pm
Artikel penghibur buat penyemplak pulsar, obat galau akibat baca koment sales2 motor jepun di warung sebelah…xi..xi…..
April 1, 2013 pukul 4:20 pm
hahaha
April 1, 2013 pukul 5:31 pm
CENGENG seh kaga bos, NYESEK iyaaaaaaaaa (Emang ente kaga nyesek)
April 1, 2013 pukul 9:29 pm
jujur ane kgk nyesek bro…lah sparepart tersedia melimpah, untuk sekedar servis rutin bisa dilakukan sendiri kok, bengkel kenalan dulu waktu pake P135 bisa kok, selain itu ada tigersyndicate-nya Rial Hamzah, XO, dll, trus kenapa nyesek?
Januari 5, 2014 pukul 3:44 pm
bengkelnya d mana bro wilayah jakarta pusat yg deket cempaka putih
April 15, 2014 pukul 1:22 pm
MASTER STATION Pasar Mobil Kemayoran, Blok Y 10. Kemayoran Service & Spareparts (021) 95532952, 0819 3238 0588
April 3, 2013 pukul 1:12 pm
Keren dan gagah nih motor pulsar.
April 3, 2013 pukul 4:36 pm
Namanya konsumen, bolehlah menuntut after salesnya.
Bagi anda mudah part dan lain2.
Bagaimana dengan pengguna di daerah lain.
Jangan bandingkan dengan wilayah anda bro.
Perhatikan juga pemilik di luar Jawa.
anda mungkin anggota klub, blogger, banya kenalan.
Wajarlah anda sesumbar itu.
Namun bagaimana dengan pengguna biasa???
Jikapun ada, berapa lama akan tetap stok spare partnya.
Apa yang ada dipikiran anda???????
April 3, 2013 pukul 5:22 pm
akan berapa lama? kan stok terus datang dari india, dan di india bajaj masih eksis kok
makanya baca judulnya, bajaj itu sepeda motor, sama kok dengan motor yg lain, kerja pistonpun dari TMB ke TMA, camshaft bentuknya ya spt itu2 saja, klep banyak dipasaran, aki banyak, ban banyak
emang ga ada mekanik yg bisa mengerjakan bajaj? emang untuk bisa reparasi bajaj kursus tersendiri?
April 8, 2013 pukul 8:56 am
Iya ” bajaj = motor”.
Masalahnya untuk spare part, harus berapa lama menunggu spare part?
Bajaj India memang eksis, tapi apakah menjamin 1- hingga beberapa hari barang pesanan datang.
April 8, 2013 pukul 9:08 am
emang ente ada masalah dengan sparepart yang tidak kunjung datang? atau hanya ke khawatiran saja? kan di tulisan saya sudah saya cantumin dimana kita bisa mendapatkan sparepart bajaj
April 3, 2013 pukul 4:40 pm
Tambahan Lagi.
Kami hanya warga biasa yang masih awam motor.
Jangan bandingkan dengan anda.
April 5, 2013 pukul 8:49 am
Ada yg punya list bengkel alternatif per wilayah ga,,,,,
Cuman pemakain yg ga punya waktu belajar ngebengkel..
April 8, 2013 pukul 9:03 am
Yup benar. Saya hanya pemakai.
Dengan kondisi seperti saya yang tidak tentu bisa pulang rumah (pekerjaan beda kota dengan kondisi tidak mungkin PP) tentu lebih menyenangkan bersama keluarga daripada belajar ngebengkel.
April 8, 2013 pukul 9:11 am
ya ga perlu belajar ngebengkel lah…maksudnya mekanik pinggir jalanpun bisa servis bajaj, lah cara kerja motor gitu-gitu aja kok, sekedar servis ringan mah mereka bisa
April 8, 2013 pukul 12:34 pm
betul ane pernah serpis di bengkel umum, ga masalah. malah kata montirnya wktu ane tanya bisa ga, “motor umumnya sama ja, apalagi klo karbu”. ternyata bneran bisa. klo spare part ane juga biasa pesen k xo & syndicate motor.
April 15, 2014 pukul 1:30 pm
Bisa bergabung di group FB Norival Auto-Parts atau ke web BAI untuk mengecek jaringan parts & 2S – Service & Spareparts yang tetap beroperasi / baru beroperasi sebagai pengganti dealer resmi yang stop memberikan jasa layanan (List jaringan perwilayah dalam bentuk format excel dan akan terus di update – bisa di download & share) Thx
April 15, 2014 pukul 1:44 pm
ok thanks om
April 12, 2013 pukul 4:21 pm
jossssssssssssssss
April 12, 2013 pukul 5:22 pm
Suku cadang bajaj di jakarta bisa jadi banyak
bagaimana dengan di luar daerah yaa
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/04/indomotoblog-apakah-dalam-bahaya.html?m=1
April 12, 2013 pukul 5:26 pm
pertamax7 sudah bahas
Mei 4, 2013 pukul 12:31 am
Thanks infonya kurang promo oemnya, bila inpor langsung lebih baik india singapur atau philipin? Manado khan deket
Juni 10, 2013 pukul 6:04 pm
wah syukurlah ada di pndok bambu… mudah2an disana ada com stater. kecil2 susah dicari tuh.
Agustus 24, 2013 pukul 10:03 pm
sudut pandang pengguna motor bajaj yang awam akan berbeda dengan yang expert, jadi semua pandangan saya rasa benar, yang ikut komunitas dan punya usaha bengkel gampang solusinya ( mereka solusinya ), nah yang pengguna motor awam dan di pakai sebagai transportasi andalan ya kerepotan juga, apa semua pengguna pulsar itu blogger, apa semua pengguna pulsar ikutan komunitas, apa semua pengguna pulsar di kota besar kayak jakarta, jadi di bilang cengeng ya salah tempat, coba alihkan kasus ini ke barang2 anda yang lain seperti TV, AC, Gadget, Mobil, mesin jahit apa anda bisa perbaiki sendiri semuanya, kan gampang sudah ada skemanya di buku panduan bukan.
kalo yang rusaknya fast moving ya bisa di atasi walaupun akan kerepotan sebagian besar mencarinya.
makanya perlindungan konsumen itu penting.
pengguna bajaj punya hak soal itu. sayang pengguna bajaj awam yang mencari info di dunia maya di butakan matanya oleh komunitas yang terlalu fanatik.
Agustus 27, 2013 pukul 1:09 pm
ada yang punya stock engine block set? oli bocor dan tak teratasi…. pls info
Agustus 27, 2013 pukul 1:45 pm
ke indipart.com aja bro, ini no telpnya 021 86615186/8628526
Agustus 27, 2013 pukul 4:54 pm
thanks bro, tapi beliau juga blom sanggupin klo order dari head. agak susah katanya. gw lagi nyari blok engine fullset u/ pibo ug4. ada saran lagi bro?
Agustus 27, 2013 pukul 5:47 pm
kalo rial hamzah sudah dikontak?
September 3, 2013 pukul 8:39 am
semakin bingung nih.. mau beli si pulsar 180 om ane apa ngga?? sekarang aja kondisi lagi ga bisa di starter.. sedikit gugling, katanya maslaah kemungkinan do com starter yang agak langka juga barangnya.. hari ini ane mau ke bengkel di simatupang sblum flyover ps minggu, bulan lalu sih servis disitu masih buka..
ada saran ga nih?? di beli ap aga ya??
tq..
nb: ane orang yang ga ngerti motor sama sekali, boro2 perbengkelan.. klo sepeda mogok aja ane bingung ^_*
September 3, 2013 pukul 10:06 am
ane balas di email aja ya bro..
September 3, 2013 pukul 3:26 pm
waaah tq info nya.. jadi bahan pertimbangan..
tapi boleh kali cek2 lagi emailnyah… 🙂
September 27, 2013 pukul 3:50 pm
Minggu lalu cari balancer UG 3 , telp ke beres Gunung Sahari, XO motoshop, toko spare mitra di Kebon Jeruk 3, MJ Motor, bbrp bengkel/toko spare part mitra lainnya gak ada, terakhir telpon Beres Cimone, ternyata ready, tapi hanya tinggal 1, padahal pengen beli 2, pesanan teman, entah kapan restock lagi, tanya XO aja dia bilang udah 3 minggu belom ada juga, di daerah Jakarta aja susah, giamana yg di daerah, BULSHIT kalau di bilang spare part masih bejibun,
Bengkel Mitra yg resmi ditunjuk oleh BAI, Mr Montir, spare part nya gak ada satupun, saya service di Mr Montir Kemanggisan
Oktober 24, 2013 pukul 5:19 pm
jangan dibilang cengeng lah bro. karakter konsumen itu kan y emg beda2. banyak juga kan yg cuma tipe pemakai biasa dan pangsa pasar yg semacam ini kan yg buat motor jepang itu laku. hal yg wajar emg bagi sebuah bisnis utk tumbuh kembang dan mati. dan hal yg wajar juga bagi konsumen utk mendapatkan service yg baik, klo agan bisa bilang wajar bagi sebuah bisnis utk tumbuh-kembang-mati, kenapa utk konsumen yg pengen service yg baik justru malah “dicerca”?
klo menurut gw, bakal berapa banyak seh bengkel n toko part yg melayani n menjual spare part?yg di jakarta aja susah.
klo mengharapkan komunitas juga, apa iya bisa membuat spare part?
cara kerja motor juga y gitu2 aja, dan pastinya banyak bengkel yg bisa. buktinya bajaj orens aja masih exist.
hehehe
walaupun motor gitu2 aja n banyak orang yg ngerti dan pinter motor, buktinya sampe sekarang juga indonesia g bisa tu buat motor yg 100% buatan indonesia, lom bisa buat blok mesin, dsb.
user g bisa disalahin disini, justru si bajaj itu donk yg seharusnya kita cap “CENGENG” karena g tahan banting dalam bisnisnya. motor2 jepang juga butuh puluhan tahun koq supaya bisa dalam tahap maju kyk skrg ini.
bajaj baru berapa tahun seh?walopun dulu juga bajaj dah pernah masuk sini n keluar n masuk lagi th 2006.
pada akhirnya kita bisa lihat mana perusahaan yg emg konsisten dan mana perusahaan yg “CENGENG”
Desember 18, 2013 pukul 11:24 am
karet vakum utk p135 ori harganya berapa om?trus cr ordernya gimana.
Desember 18, 2013 pukul 11:25 am
kontak http://indipart.com/index.php/en/ aja bro, dengan om michael, baik kok orangnya
Desember 18, 2013 pukul 11:26 am
karet vakum p135 ori harganya berapa om?trus cara ordernya gimana